Pandemi COVID-19 Menyebabkan Munculnya Perilaku Konsumsi Di Rumah untuk Makanan Ringan Es Krim dan Makanan Penutup di Indonesia: Ken Research

Buy Now

  • Baik Produsen Es Krim Lokal maupun Internasional akan melakukan Inovasi Produk dengan tetap menjaga standar mutu untuk menghadapi wabah virus corona.
  • COVID-19 telah menyebabkan penjualan produk kebersihan meningkat drastis, sementara penjualan es krim turun secara signifikan.
  • Kegiatan perdagangan antara Indonesia dan China yang umumnya digunakan sebagai sumber sebagian besar bahan kemasan banyak dihentikan.
  • APSSI (Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia) mengklaim bahwa omset perdagangan negara telah menurun 90% sehingga mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen Indonesia dalam hal belanja dan pilihan gaya hidup terhadap saluran distribusi/belanja yang digunakan dan media yang dikonsumsi. Dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya seperti China dan Vietnam, makan es krim di rumah bukanlah kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia. Namun, peningkatan konsumsi terlihat pada segmen es krim kemasan terutama melalui pedagang eceran melalui internet. Jumlah total pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan tumbuh dari ~119 juta pada tahun 2020 menjadi ~150 juta pada tahun yang berakhir pada tahun 2023 dengan demikian, mendukung penjualan digital dalam jangka panjang. Di sisi lain, situasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat secara nasional dalam waktu dekat diperkirakan lebih lanjut akan mengurangi kunjungan pelanggan ke toko-toko fisik dan jaringan hypermarket/supermarket sehingga menyebabkan penurunan penjualan.

Produsen Es Krim seperti Aice Group Holdings akan terus meluncurkan berbagai varian produk baru yang juga sesuai dengan kebutuhan harga yang terjangkau dari konsumen Indonesia yang peka terhadap harga. Perseroan tampak positif melakukan ekspansi dengan mendirikan pabrik ke-3 di wilayah Sumatera di tengah dampak pandemi. Selain itu, akan ada kurang lebih 5 produk baru lainnya yang akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar saat ini. Selain inovasi produk, produsen lokal akan terus meningkatkan penjualan dengan memperluas distribusi produk ke berbagai wilayah yang relatif menunjukkan penjualan terbatas dalam beberapa tahun terakhir. Krisis global juga menyebabkan peningkatan penjualan produk-produk kebersihan dan makanan di dalam rumah bersamaan dengan penghentian konsumsi di luar rumah, yang sangat mempengaruhi bisnis es krim impuls pemain internasional utama seperti Unilever. Pasar es krim domestik di Indonesia didominasi oleh Unilever, diikuti oleh Campina, Aice dan lainnya. Perusahaan semakin mengadopsi penyemprotan disinfektan untuk menghentikan masuknya virus corona dari media eksternal apa pun. Selain itu, standar keselamatan juga diterapkan bagi pekerja pabrik dan karyawan lainnya untuk pencegahan virus corona atau COVID-19.

Laporan berjudul Prospek Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Indonesia Beku hingga 2025 – Peluncuran Berbagai Varian Rasa dan Inovasi Bahan Kemasan untuk Mendorong Permintaan Pasar oleh Ken Research menyarankan bahwa pasar lebih lanjut diharapkan tumbuh di masa depan terutama karena perubahan gaya hidup perkotaan orang Indonesia dan perubahan preferensi mereka atas platform pembelian. Pasar makanan penutup beku dan es krim Indonesia diperkirakan akan mencatat CAGR enam tahun yang positif masing-masing sebesar 5,9% dan 3,1% dalam hal nilai dan volume penjualan selama periode perkiraan 2019P-2025F.

Segmen Utama Pembahasan:-

Tipe produk

Es Krim dan Makanan Penutup yang Dibekukan

Es Krim Berdasarkan Jenis Kandungan

Es Krim mengandung Susu untuk takaran Satu Porsi

Es Krim berbasis Air untuk takaran Satu Porsi

Es Krim menurut Bentuk Penyajian

Bentuk Tongkat (Sticks)

Bentuk Kerucut (Cones)

Lainnya (Penyajian dalam Gelas dengan takaran Satu Porsi, Penyajian dalam kemasan kotak untuk Paket Keluarga, Penyajian dalam bentuk Kue Es Krim, dan lainnya)

Es Krim dalam Kemasan untuk Dibawa Pulang

Es Krim mengandung Susu dengan Ukuran Besar

Es Krim mengandung Susu dengan Kemasan dan Ukuran yang bervariasi.

Es Krim berbasis Air untuk dibawa pulang

Saluran/Kanal Distribusi

Hypermarket

Supermarket

Pedagang Kecil Mandiri

Toko serba ada

Pengecer kelontong lainnya

Pengeceran non toko

Pengecer spesialis kesehatan dan kecantikan

Narasumber Utama

Produsen makanan susu

Pengolah Susu

Asosiasi Susu

Produsen Es Krim

Produsen Makanan Penutup Beku

Periode Waktu yang Tercatat dalam Laporan:-

Periode Waktu secara Historis: 2013-2019P

Periode Waktu Proyesk Pasar: 2019P–2025F

Perusahaan yang Tercakup:-

Es Krim dan Makanan Penutup yang Dibekukan –

Unilever Group

Campina Ice Cream Industry PT

Alpen Food Industry PT

Diamond Cold Storage PT

Indofood Sukses Makmur Tbk PT

Topik Utama Pembahasan pada Laporan:-

Ringkasan Eksekutif – Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Beku Indonesia

Kebutuhan, Peluang, dan Besar Pasar Industri Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Beku

Sisi Permintaan & Penawaran Ekosistem, Preferensi & Tren di Pasar Pengguna Akhir

Segmen Pasar Berdasarkan Jenis Produk, 2013-2019P

Segmen Pasar Menurut Saluran Distribusi, 2013-2019P

Ekosistem Industri Makanan Susu di Indonesia

Analisis Rantai Nilai

Skenario Perdagangan di Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Beku Indonesia, 2014-2018

Perbandingan Lanskap di Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Beku Indonesia

Tinjauan Peraturan untuk Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Beku Indonesia

Analisis 4 Ps

Prospek dan Proyeksi Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Beku Indonesia di Masa Depan, 2019P-2025F

Lampiran / Metodologi Penelitian

Untuk informasi lebih lanjut tentang laporan penelitian, lihat tautan di bawah ini:-

Pasar Es Krim dan Makanan Penutup Beku Indonesia

Related Reports:-

Prospek Pasar Nutraceutical Vietnam hingga 2025 – Berdasarkan Suplemen Makanan (Suplemen Herbal, Vitamin dan Mineral, Probiotik, Suplemen Protein dan Asam Amino, Asam Lemak Omega 3, Lainnya), Berdasarkan Minuman Fungsional (Minuman Energi, Minuman Panas Berbasis Tanaman dan Malt, Minuman Panas , dan Minuman Olahraga), Dengan Makanan Fungsional (Susu, Makanan Bayi, Sereal Sarapan, Gula-gula, Biskuit Hi-Fiber, Snack Bar, dan Snack Buah)

Prospek Pasar Nutraceuticals Arab Saudi hingga 2023 – Berdasarkan Vitamin dan Suplemen Makanan, Makanan Fungsional (Susu, Makanan Bayi, Sereal Sarapan, Minyak Goreng, dan Penganan) dan Minuman Fungsional (Minuman Energi, Konsentrat, Jus Buah/Sayuran, dan Minuman Olahraga)

Hubungi Kami:-
Ken Research
Ankur Gupta, Head Marketing & Communications
Support@kenresearch.com
+91-9015378249

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s